Senin, 11 Januari 2010

Past perfect tense

Bentuk tense ini masih sering membingungkan untuk sebagian orang. Biasanya permesalahannya terletak pada perbedaannya dengan Simple Past. Lebih jelasnya mari kita maknai dari namanya untuk bisa mengetahui penggunaannya
Past: lampau perfect: sempurna
Kata past mengacu pada waktu terjadinya peristiwa yakni dimasa lampau. Kata lampau bisa bermakna kemarin, semalam, tadi pagi, dua bulan yang lalu dan sebagainya. Sedangkan kata perfect mengacu pada sifat kejadian itu sendiri. Yang dimaksud dengan sifat kejadian adalah apakah peristiwa/kejadian itu masih berlangsung atau sudah selesai (sempurna). Dalam hal ini yang dimaksud adalah sifat kejadian yang sudah sempurna atau selesai dilakukan. Mari kita perhatikan contoh kalimat berikut:
1. She wrote an English letter this morning. (Dia menulis surat ebrbahasa inggris pagi ini)
Kalimat diatas hanya menginformasikan pada kita tentang kapan waktunya She (Dia) menulis surat. Hanya keterangan waktu saja yang ada dalam kalimat tersebut dan tidak dijelaskan sifat kejadiannya. Bandingkan dengan kalimat berikut:
2. She had written an English letter this morning when her friend came.
(Dia telah selesai menulis surat berbahasa inggris (pagi ini) ketika temannya datang)
Kalimat diatas memberi informasi lebih detail dibandingkan dengan kalimat pertama yaitu bahwa ketika temannya datang (pagi ini) dia sudah selesai menulis surat. Dari kalimat diatas dapat kita simpulkan bahwa ketika temannya datang dia sudah tidak lagi menulis surat.
She wrote an English letter this morning She had written an English letter this morning
Hanya menjelaskan kapan (waktu)“She” menulis surat. Menjelaskan kapan (waktu)“She” menulis surat dan kapan selesainya (Sifat kejadian).
bisa muncul dengan bentuk kalimat tunggal Lebih sering muncul dalam bentuk kalimat bertingkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar