Senin, 11 Januari 2010

Present Perfect Continuous

Kesan pertama ketika kita pertama kali mendengar bentuk tense ini adalah ‘aneh’. Ya, Karena disana ada dua bentuk sifat kejadian yang ‘kontradiktif’ yakni perfect dan continuous. Kita tahu bahwa perfect artinya kejadian itu sudah sempurna atau selesai. Sedangkan Continuous artinya kejadian itu masih (sedang) berlangsung. Memang cukup sulit untuk bisa memahami bentuk tense ini. Maka dari itu saya tidak akan menggambarkan fungsi tense ini secara definitive melainkan melalui contoh kalimat berikut:
Bayangkan anda sedang mengakses internet sejak satu jam yang lalu. Anda menjadwalkan 2 jam untuk mengakses internet setiap hari. Artinya anda masih punya waktu satu jam ke depan sebelum anda selesai mengakses internet. Jika anda mulai akses internet jam 8 malam maka jam 10 malam nanti anda baru selesai. Itu artinya sekarang jam 9 malam (Ingat! Anda sudah satu jam mengakses internet). Betul??? Bagaimana mengungkapkan bentuk aktivitas seperti ini jika diaplikasikan dalam bentuk tense? Jika kita mengungkapkan dengan kalimat:
I have accessed internet for an hour.
Maka anda benar-benar sudah selesai mengakses internet. Saat ini (jam 9) anda sudah tidak lagi mengakses internet. Padahal anda masih punya waktu 1 jam lagi.
Jika anda mengungkapkannya dengan kalimat:
I am accessing internet
Maka anda hanya menginformasikan bahwa saat ini anda sedang mengakses internet. Tidak ada keterangan sudah berapa lama anda on line. Padahal anda juga ingin menjelaskan bahwa sudah 1 jam lamanya anda on line.
Jika demikian maka, kalimat yang lebih tepat untuk menjelaskan kondisi anda sekarang adalah gabungan antara dua kalimat diatas. Yakni:
I have been accessing internet for an hour.
Kalimat diatas sudah bisa menjelaskan kondisi anda sekarang. Pertama, ada kerangan bahwa anda sudah satu jam on line. Itu terlihat dari bentu perfect “have been”. Kedua, ada juga keterangan bahwa anda masih akan melanjutkan on line (setidaknya) untuk satu jam ke depan.
Itulah fungsi dari Present Perfect Continuous Tense.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar