Rabu, 20 Januari 2010

Perselisihan silsilah Yesus?

Tulisan ini bukan dimaksudkan untuk mencari kesalahan agama dan kitab suci lain. Penulis hanya mencoba membagi apa yang penulis baca pada anda sekalian. Sebuah buku yang ditulis oleh Djarnawi Hadikusuma dari penerit persatuan menyebutkan beberapa hal perselisihan tentang silsilah Yesus Tuhan umat Kristiani. Bila ada kesalahan mohon dikoreksi langsung pada sumber primernya yakni kitab suci Injil.
Namun sebelum saya menulis, saya sendiripun sudah merujuk pada kitab Injil yang penulis miliki. Dan ternyata tidak ada perbedaan antara isi buku tersebut dengan kitab suci yang ditulis oleh murid Yesus.
Sekedar pemberitahuan bahwa isi kitab Injil dikelompokan kedalam dua yakni Perjanjian lama dan Perjanjian baru atau juga dikenal dengan Old testament dan New testament. Baiklah tanpa j\panjang lebar berikut yang sasya peroleh dari buku yang berjudul Kridtologi mengenai silsilah Yesus.
Dalam Injil karangan Matius yang ditulid tahun 70 M disebutkan silsilah Yesus sebagai berikut:
Yesus merupakan putra Yusuf. Yusuf sendiri adalah putra Yakub. Yakub putra Matan. Matan mempunyai ayah bernama Elizar dan seterusnya yang berujung pada Nabi Sulaiman putra nabi Daud. (Matius: 1:1-16)
Keterangan yang ditulis oleh Matius ini berbeda dengan apa yang ada dalam Injil Lukas. Disana disebutkan bahwa yesus merupakan putra Yusuf , anak dari Heli dan Heli mempunyai ayah bernama Malat. Lebih jauh, jika dalam Injil Matius Yesus merupakan keturunan ke 27 nabi Daud, dalam injil Lukas Yesus merupakan keturunan ke 42 nabi Daud. (Lukas 3: 23-24)
Perselisihan itu tidak hanya dari nama-nama nenek moyang Yesus tapi juga dalam hal perbedaan silsilah yang sampai pada Nabi Daud. Dalam Matius disebutkan bahwa Yesus keturunan nabi Daud namun dari silsilah Sulaiman. Akan tetapi menurut Lukas Yesus merupakan keturunan Daud lewat jalur Natan putra Daud. Tentunya jika ada dua hal yang bertentangan tidak mungkin keduanya benar atau keduanya salah. Salah satu bisa jadi benar dan satun yang lain salah. Lalu keterangan siapa yang benar mamtiu atau Lukas? Hanya tuhan yang tahu………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar