Rabu, 20 Januari 2010

Yesus adalah Plato?

Sebelum membaca lebih jauh, kiranya saya jelaskan lebih dulu judul diatas. Judul diatas bukan ingin menyamakan (kedudukan) Plato dengan Yesus. Judul itu hanya sekedar cara saya untuk menarik rasa penasaran pembaca untuk mau membaca tulisan ini.
Disini saya hanya akan menggambarkan tentang sejarah kelahiran Plato saja yang kebetulan cukup uni untuk dibaca.
Sebelum Plato lahir, ada cerita unik tentang asal mula kenapa Amphictione, ibu Plato, mengandung. Menurut informasi yang say abaca dalam buku Kristologi karangan Djarnawi Plato merupakan anak dari Amphictinone. Amphictione hamil bukan karena hasil persetubuhannya dengan Ariston suaminya namun karena Dewa Apollo. Selama mengandung Ariston kabarnya dilarang untuk menggauli Amphictione, istrinya sampai ia benar-benar melahirkan anaknya yang kemudian diberi nama Plato.
Cerita ini mirip sekali dengan cerita Yesus yang lahir dari rahim Maryam. Maryam mengandung sebelum disetubuhi oleh Yusuf. Kalau anda ernah menonton film tentang kelahiran Yesus, disana digambarkan bahwa Yusuf sempat ingin meninggalkan Maryam lantaran dia mengandung. Namun karena malaikat mendatangi Yusuf melalui mimpi dan memberitahukan kepadanya apa yang telah terjadi (Maryam hamil karena Roh Kudus) dan tentang hari depan anak itu, ia mengurungkan niatnya. Dan selama mengandung, Maryam tidak pernah disetubuhi oleh Yusuf.
Menilik kesamaan sejarah keduanya (Yusuf dan Plato) yang hidup dimasa yang berbeda tentu bisa kita bayangkan betapa hebatnya Plato……….

1 komentar:

  1. memang judul yang menggelitik
    sebelum membaca ini saya senpat kaget apa benar pato adalah yesus?
    tp ternyata memiliki kesamaan sebelum mrk lhr alias bgmn mereka lahir.
    salut mas ali
    terus menulis dan berkarya

    BalasHapus