Senin, 23 November 2009

Apa bedanya Present Perfect Tense dengan Simple Past?

Pertanyaan ini mungkin sering muncul dibenak anda saat mempelajari tense dalam bahasa inggris. Wajar saja karena bahasa kita hanya mengenal tiga perbedaan waktu yakni kemarin (Past) sekarang (Present) dan esok (Future). Lebih mudahnya silahkan amati contoh kalimat berikut:
1. Esy ate fried chicken. (Esy makan ayam goreng)
2. Esy have eaten fried chicken. (Esy telah makan ayam goreng)
Kalimat 1 adalah contoh kalimat Simple Past. Sedangkan kalimat 2 adalah contoh kalimat Present Perfect tense. Pada kalimat 1, si penutur (orang yang mengucapkan kalimat) hanya bermaksud menginformasikan bahwa Esy, entah dulu atau kemarin makan ayam goreng. Disini tidak dibicarakan apakah Esy sudah selesai makan atau belum. Hanya ada informasi bahwa Esy (pernah) makan ayam goreng.
Berbeda dengan kalimat 2, disana si penutur menginformasikan bahwa Esy sudah selesai makan ayam goreng. Asumsi yang muncul dari kalimat tersebut Esy akan melakukan aktifitas selanjutnya setelah makan ayam goreng, entah minum, duduk-duduk atau mungkin langsung cuci piring. Atau bisa juga Esy langsung tidur setelah makan ayam goreng.
Point perbedaan antara dua kalimat diatas adalah:
a. Kalimat 1 hanya memberi informasi aktifitas apa yang (pernah) dilakukan Esy. Disana tidak dijelaskan apakah Esy sudah selesai atau masih makan ayam goreng. Aktifitas itu terjadi sebelum kalimat diucapkan (bisa tadi pagi, semalam, kemarin, dll)
b. Kalimat 2 selain menginformasikan aktifitas Esy (saat kalimat diucapkan) juga ada penjelasan bahwa Esy sudah selesai makan ayam gorengnya. Aktifitas itu terjadi saat kalimat diucapakan dan sudah selesai saat itu juga.
Begitulah perbedaan antara Present Perfect Tense dengan Simple Past.
Semoga bermanfaat
Selamat berselancar disamudera maya…………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar