Senin, 16 November 2009

Simple present tense VS Present continuous tense

Banyak yang menganggap bahwa tense dalam bahasa inggris adalah monster yang sangat menakutkan. Andai kita bias memilih, mungkin kita semua punya satu suara bahwa untuk tidak bertemu tense dalam mempelajari bahasa inggris. Saying, pilihan kita Cuma satu yakni tidak bisa memilih (ini bukan sebenar-benar filsafat lho…… ^_^).
Ada 16 tense dalam bahasa inggris yang harus kita ketahui dalam jika ingin menjadi master of English. Namun sering kita tidak bias membedakan satu tene dengan lainnya dalam penggunaannya. Berikut saya tuliskan salah satu cara yang bisa membedakan tenses tersebut. Untuk tulisan kali ini saya suguhkan perbedaan antara simple present dengan present continuous tense. Tulisan ini saya dapat dari salah satu blog yang kebetulan saya tidak ingat nama blog tersebut. Buat yang merasa menulisnya dan saya angkat dalam blog ini saya ucapkan terima kasih.
Pattern of simple present tense
Verbal : S+ V1 (s/es)+O
Nominal : S+am/is/are+Complement
Pattern of present continuous tense
Verbal : S+ to be Ving+O
Nominal : S+am/is/are+Complement
Contoh:
She reads a novel.
VS
She is reading a novel
She reads a novel: bertujuan menginformasikan pelaku (she) suka membaca novel. When this sentence is produced, tidak berarti pelaku (She) sedang membaca novel. Kita bisa bayangkan bahwa “SHE” bisa saja sedang makan, tidur, atau up date face book. Intinya kalmiat ini hanya menginformasikan bahwa “She reads a novel.” (Dia (suka) membaca novel bukan Dia (saat kalimat ini diucapkan) sedang membaca novel). Berbeda dengan :
She is reading a novel.
Kita bisa langsung bayangkan bahwa when this sentence is produced, si pelaku (SHE) benar-benar sedang membaca novel, bukan sedang makan, tidur, atau on line di internet.
Jadi present continuous menggambarkan/ menceritakan aktivitas yang (saat itu) sedang dilakukan si pelaku. Sedangkan simple present hanya menginformasikan si pelaku.
Contoh lain:
You are reading a writing on my blog.
Artinya saat ini aktivitas anda memang sedang membaca tulisan dalam blog saya
You read a writing on my blog
Artinya saat ini anda tidak sedang membaca tulisan dalam blog saya.
Begitulah kira-kira perbedaannya…….
Selamat berselancar di samudra maya…..

2 komentar:

  1. bagus,akhirnya aku bisa tau jga.....
    Tks...

    BalasHapus
  2. Mantapp...ni tugas bahasa inggris saya,akhirnya gue dapat juga!

    BalasHapus